Cara Menghitung Luas Segitiga Menggunakan PHP

Posted by

Pada kesempatan baik ini kami akan memberikan sebuah tutorial tentang bagaimana cara menghitung luas segitiga menggunakan php pada satu form. Yaitu membuat suatu form input ukuran alas segitiga dan tinggi segitiga berbasis web menggunakan script pemrograman PHP kemudian langsung hitung luas segitiga. Hasil hitung luas segitiga dengan php ini tidak di input ke dalam database, namun nilainya ditampilkan langsung pada halaman yang sama. Kemudian bagaimana cara kita menghitung luas segitiga pada form tersebut? Dan script php untuk hitung luas segitiga seperti apa yang harus dibuat?.

1. Membuat Direkroti Projek Tutorial
Direktori folder ini berguna sebagai storage penyimpanan file-file php yang telah dibuat, disimpan di dalam folder htdocs. Oke, sebagai contoh nama folder projek adalah "luas-segitiga", dan Anda boleh saja membuat nama folder suka-suka, yang penting terletak di dalam htdocs, karena tutorial ini berjalan di xampp.

 Cara Menghitung Luas Segitiga Menggunakan PHP

2. Membuat Interface Form Input dan Hitung Luas Segitiga
Form hitung luas segitiga ini kita buat dalam bentuk form isian data, yaitu data ukuran alas dan tinggi segitiga. Kemudian terdapat juga button hitung sebagai action perintah hitung luas segitiga. Dalam tutorial cara menghitung luas segitiga menggunakan php ini, form hitung luas segitiga juga berperan sekaligus sebagai homepage atau index. Kemudian hasil perhitungannya tampil di form ini juga, source code script php nya seperti berikut ini.
Simpan sebagai index.php

  1. <html>
  2. <head>
  3. <title>Tutorial Cara Menghitung Luas Segitiga Menggunakan PHP</title>
  4. </head>
  5. <body>
  6. <h1>Form Hitung Luas Segitiga Dengan PHP</h1>
  7. <h2>Isi Data:</h2>
  8. <form action="./" method="POST" enctype="multipart/form-data">
  9. <table>
  10. <tr>
  11. <td>Alas Segitiga</td>
  12. <td>:</td>
  13. <td><input type="text" name="alas" required></td>
  14. </tr>
  15. <tr>
  16. <td>Tinggi Segitiga</td>
  17. <td>:</td>
  18. <td><input type="text" name="tinggi" required ></td>
  19. </tr>
  20. <tr>
  21. <td></td>
  22. <td></td>
  23. <td><input type="submit" name="submit" value="Hitung"></td>
  24. </tr>
  25. </table>
  26. </form>
  27. <?php
  28. if(isset($_POST['submit'])){
  29. $alas =$_POST['alas'];
  30. $tinggi =$_POST['tinggi'];
  31. // menghitung luas segitiga
  32. $luas_segitiga = 1/2 * $alas * $tinggi;
  33. echo "Hasil hitung luas segitiga adalah sebagai berikut:<br />";
  34. echo "Diketahui;<br />";
  35. echo "Alas Segitiga = $alas<br />";
  36. echo "Tinggi Segitiga = $tinggi<br />";
  37. echo "Maka luas segitiga sama dengan 1/2 ($alas x $tinggi) = $luas_segitiga";
  38. }
  39. ?>
  40. </body>
  41. </html>

Perhatikan source code php di atas, from action ditujukan pada file yang sama, artinya eksekusi hitung luas segitiga dilakukan pada file tersebut. Input type adalah text dengan nama variable "alas" dan "tinggi". Kemudian perintahnya di eksekusi oleh button "Hitung". Sehingga setelah memasukkan nilai alas dan tinggi segitiga, kemudian klik Hitung, maka akan menampilkan hasil perhitungan luas segitiga.
Sampai disini kebutuhan source pada tutorial cara menghitung luas segitiga menggunakan php telah selesai. Tahapan selanjutnya adalah pengujian tutorial, apakah proses hitung luas segitiga berhasil atau gagal. Uji coba tutorial ini hanya akan kami sajikan dalam bentuk tampilan atau screenshot saja, semoga di kesempatan akan datang dapat disajikan dalam bentuk video di Youtube Do'a kan saja, dan berikut adalah tampilan uji cobanya.

Oke, dan sampai disini uji coba cara hitung luas segitiga dengan php mysql telah selesai. Point penting yang menjunjukan eksekusi hitung luas segitiga adalah pada source code php berikut.

 Homepage Form Hitung Luas Segitiga Dengan PHP


 Hasil Hitung Luas Segitiga Berhasil

Oke, dan sampai disini uji coba cara hitung luas segitiga dengan php mysql telah selesai. Point penting yang menjunjukan eksekusi hitung luas segitiga adalah pada source code php berikut.

  1. <?php
  2. if(isset($_POST['submit'])){
  3. $alas =$_POST['alas'];
  4. $tinggi =$_POST['tinggi'];
  5. // menghitung luas segitiga
  6. $luas_segitiga = 1/2 * $alas * $tinggi;
  7. echo "Hasil hitung luas segitiga adalah sebagai berikut:<br />";
  8. echo "Diketahui;<br />";
  9. echo "Alas Segitiga = $alas<br />";
  10. echo "Tinggi Segitiga = $tinggi<br />";
  11. echo "Maka luas segitiga sama dengan 1/2 ($alas x $tinggi) = $luas_segitiga";
  12. }
  13. ?> 
Sebagaimana kita ketahui bahwa formula atau rumus hitung luas segitiga adalah setengah alas kali tinggi. Jika telah diketahui berapa ukuran alas dan tinggi segitiga, maka luas segitiga dapat di hitung dengan formula tersebut. Pada source code di atas, ukuran alas adalah $alas, sedangkan ukuran tinggi adalah $tinggi. Kemudian 1/2 adalah variable tetap dalam formula luas segitiga, sehingga penulisan formula atau rumus menjadi 1/2 * $alas * $tinggi.
Script hitung luas segitiga yang sesungguhnya ditunjukan oleh baris kode berikut ini.

$luas_segitiga = 1/2 * $alas * $tinggi;
 
Sekian penjelasan dari kami tentang bagaimana cara menghitung luas segitiga menggunakan php lengkap dengan script php hitung luas segitiga. Untuk mendapatkan source code nya Anda dapat langsung mendownload melalui link di atas, jika link download tidak aktif atau error mohon hubungi kami melalui SMS atau email atau melalui form komentar dan obrolan. Semoga dapat membantu.






Blog, Updated at: October 25, 2019

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih

Labels

Labels

!doctype (1) .net (1) 2008 (1) 2012 (1) 2013 (3) 3d (2) 3ds max (2) abstrak (1) access (3) adobe (1) apache (1) array (2) asp (7) asp.net (3) autodesk (1) biodata (2) biodata asp (2) biodata php (1) blender (1) c# (1) c3 (1) case (1) client (1) cmd (1) coding (24) combobox (1) cs6 (1) database (3) databse (1) dhcp (1) dreamweaver (2) echo (1) Encapsilation (1) Enkapsulasi (1) field (1) footer (1) form (5) form asp (1) gabung (1) gitar (1) gns3 (1) guitar (1) header (1) html (2) include (1) inheritance (1) input (1) install (1) ip (2) jaringan (4) java (1) komponen komponen validator (1) label (1) lan (1) localhost (2) manage sites (1) management (1) membuat (2) membuat biodata array php (1) membuat biodata satu variable (1) menghubukan php dengan database (1) microsoft (2) mikrotik (3) mikrotik tanpa router (1) mikrotik virtual box (2) ms access (3) multimedia (4) music (1) musik (1) mysql (2) netbeans (1) netbeans 7.3.1 (1) new site (1) office (2) oracle (1) osi layer (1) panelcontrol (1) petik (1) pewarisan java (1) php (14) php designer (1) php4 (1) polymorphic (1) polymorphism (1) Poymorphisme (1) primary key (1) radiobutton (1) range (1) require (1) required (1) routeros (2) script (1) server (2) shredder (1) sql server (1) summary (1) swift (1) table (1) tanda petik (1) textbox (1) toolbar (1) validasi (1) validation (1) validator (1) variable (2) vb (1) visual studio 2012 ultimate (4) volume asp (1) web (1) web server (2) win 7 (1) win xp (1) windowd form (1) windows (1) XAMPP (2) xp (1)