Kunci Pintu Otomatis Berbasis Android

Posted by

Smartphone Android merupakan salah satu jenis perangkat komunikasi pintar yang perkembanganya sangat pesat saat ini, dimana smartphone tersebut telah mendominasi pasar smartphone indonesia. Operating System ini bersifat open source atau aplikasi dapat dikembangkan oleh siapapun tanpa harus meminta izin dari pihak pembuat. 

            Seiring dengan perkembangann teknologi yang semakin pesat dalam dunia modern, saat ini sangat dibutuhkan alat yang bisa membantu mengefisiensi pekerjaan dan pengamanan. Hal tersebut telah mendorong manusia untuk berkreasi dan berinovasi dalam bidang teknologi untuk menciptakan suatu alat yang lebih efektif dan efisien.

1
            Disamping  perkembangan dunia  telekomunikasi, dalam  kehidupan sehari-haripun semakin banyak terjadi  perkembangan dan perubahan, ditempat-tempat  umum  misalnya, sebelumnya pintu dibuka secara manual menggunakan kunci yang dari sisi keamanan cukup riskan karena bisa dengan mudah kuncinya untuk di duplikasi, kemudian berkembang dengan adanya  pintu geser  yang  bisa  dibuka  dengan menggunakan tombol atau remote control sampai  dengan akhirnya  seiring  perkembangan zaman, kini  sudah ada  pintu geser  otomatis menggunakan sensor gerak seperti yang ada di mall, bandara, dan tempat umum lainnya. Hal ini membuktikan bahwa semakin berkembangnya dunia modern sekarang ini.
            Dalam hal ini, penulis akan menciptakan suatu alat agar memberikan kemudahan pada masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan. Contohnya untuk membuka dan mengunci pintu yang saat ini masih dilakukan secara sederhana menggunakan kunci manual. Maka dari itu penulis akan membuat simulasi alat yang dapat mengonci pintu melalui kendali dari sebuah handphone Android dan diproses oleh mikrokontroler.
            Handphone Android digunakan sebagai pemicu utama mikrokontroler ATMEGA 8353 yang telah di program menggunakan bahasa pemrograman Basic Compiler (AVR) untuk melakukan proses buka kunci dan mengunci pintu melalui Solenoid Door Lock Elektrik yang dipasang pada salah satu sisi pintu.

Alat dan Bahan
2.1       Android

            Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang bersifat terbuka (open source) dan dirancang untuk perangkat seluler layer sentuh seperti smartphone dan komputer tablet. Android dikembangkan oleh Android, Inc., dengan didukung finansial daro Google yang kemudian dibeli pada tahun 2005. Android dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersama dengan didirikanya Open Handset Alliance. (Sherief  Salbino, 2014: 7).
            Sifat Android yeng terbuka telah membuat munculnya sejumlah besar komunitas pengembang aplikasi untuk menggunakan Android sebagai dasar proyek pembuatan aplikasi, dengan menabahkan fitur – fitur baru bagi Android pada perangkat yang secara resmi dirilis dengan menggunakan sistem operasi lain.
(Sherief Salbino S.Kom 2014 : 7).
            Berdasarkan uraian diatas penulis menyimpulkan bahwa Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang bersifat terbuka (open source) dan dirancang untuk perangkat seluler layer sentuh seperti smartphone dan komputer tablet.

2.2              Mikrokontroler ATMega 8535
Mikrokontroler ialah suatu chip yang dapat diprogram untuk melakukan fungsi kendali pada suatu alat. Chip ini memiliki memori, dan memori inilah yang berfungsi untuk menyimpan program yang dapat kita isikan melalui PC (Personal Komputer) menggunakan Downloader. Setelah kita mengisikan program pada chip tersebut, maka barulah dapat digunakan sebagai pengendali gerakan sesuai dengan perintah program yang kita pasang. (Widodo Budiharto, 2014 : 13).
Mikrokontroler AVR (Alf and Vegard’s Risc Processor) standar memiliki arsitektur 8 bit dengan semua instruksi dikemas dalam kode 16-bit dan sebagian besar instruksi dieksekusi dalam satu siklus clock. Mikrokontroler ATMega 8535 merupakan Mikrokontroler AVR yang berukuran kecil, dengan ukuran Flash Memory 2Kb dengan 2 input analog. (Widodo Budiharto, 2014 : 15).

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa mikrokontroler ATMega 8535 adalah chip semikonduktor sebagai penyimpan intruksi suatu program dengan arsitektur 8 bit dan instruksi dikemas dalam kode 16 bit.
2.2.1    Konfigurasi Pin Mikrokontroler ATMega 8535

Konfigurasi pin ATMega 8535 dengan kemasan 40 pin DIP (Dual In-Line package) dapat dilihat pada gambar diatas. Berdasarkan gambar diatas dapat dijelaskan fungsi dari masing-masing pin ATMega 8535 sebagai berikut :
1.        VCC merupakan pin yang berfungsi sebagai masukan catu daya.
2.        GND merupakan pin Ground
3.        Port A (PA0...PA7) merupakan pin I/O dan pin ADC
4.        Port B (PB0....PB7) merupakan pin I/O dan pin yang mempunyai fungsi khusus yaitu timer/counter, komparator Analog dan SPI.
5.        Port C (PC0....PC7) merupakan port I/O dan pin yang mempunyai fungsi khusus yaitu komparator analog dan timer Oscillator.
6.        Port D (PD0....PD7) merupakan port I/O dan pin fungsi khusus yaitu komparator analog dan interupt eksternal serta komunikasi serial.
7.        RESET merupakan pin yang digunakan untuk mereset mikrokontroller.
8.        XTAL 1 dan XTAL 2 merupakan pin masukan clock eksternal.
9.        AVCC merupakan pin masukan tegangan untuk ADC.
10.    AREF merupakan pin masukan tegangan referensi untuk ADC.
(Lingga Wardana, 2006 : 3).
2.3              Power Supply
Power supply  adalah  alat atau sistem yang berfungsi untuk menyalurkan energi listrik. Secara prinsip rangkaian power supply adalah  menurunkan tegangan AC , menyearahkan tegangan AC sehingga menjadi DC ,menstabilkan tegangan  DC, yang  terdiri atas transformator, dioda dan kapasitor/condensator. Tranformator biasanya berbentuk kotak dan terdapat lilitan-lilitan kawat email didalamnya. Tugas dari komponen ini adalah untuk menaikkan atau menurunkan tegangan AC sesuai kebutuhan. (Putu Nopa Gunawan, 2011 : 2).

Berikut adalah rangkaian Power Supply yang digunakan pada system minimum “Kunci Pintu Otomatis Berbasis Android”.
                        Berdasarkan uraian diatas penulis menyimpulkan bahwa Power Supply adalah suatu alat yang berfungsi sebagai menyalurkan energi listrik dan menyearahkan tegangan AC menjadi DC.

2.4       Bluetooth HC 05
Bluetooth merupakan teknologi koneksi nirkabel jarak dekat (radius 1-10 meter) menggunakan chip tranceiver yang didesain untuk perangkat mobile, telepon, atau perangkat portabel lainnya. Bluetooth menyediakan kanal data serta kanal audio digital.  (Jazi Eko Istianto, 2014 : 396).
Teknologi komunikasi bluetooth telah lama diaplikasikan pada perangkat portable sejak akhir 90-an sebelum era samartphone, Komunikasi dilakukan secara point to point (satu perangkat ke perangkat lain) maupun komunikasi point to multipoint (satu perangkat ke sejumlah perangkat). (Jazi Eko Istianto, 2014 : 205).

Berdasarkan uraian diatas penulis simpulkan bahwa bluetooth merupakan teknologi koneksi nirkabel jarak dekat, dengan tipe koneksi point to point dan point to multipoint, serta jarak jangkauan hanya berkisar 1-10 meter atau 30 kaki.
2.5       Relay
Relay adalah komponen listrik yang dioperasikan sebagai saklar. Relay berfungsi sebagai saklar yang bekerja berdasarkan input yang dimilikinya. Relay diperlukan untuk mengendalikan rangkaian dengan sinyal daya rendah, atau di beberapa rangkaian yang harus dikontrol oleh satu sinyal. (Dr. Widodo Budiharto,

Berdasarkan uraian diatas penulis menyimpulkan bahwa relay adalah komponen elektonika yang berfungsi sebagai saklar pada suatu rangkaian elektronik.
2.6       Solenoid
            Solenoid merupakan komponen elektronika yang bekerja sebagai pengunci dan akan aktif ketika diberi tegangan sebesar 12 V. Didalam solenoid terdapat kawat yang melingkar pada inti besi. Ketika arus listrk mengalir melalui kawat ini, maka terjadi medan magnet untuk menghasilkan energi yang akan menarik inti besi kedalam. (Helmi Guntoro, 2013 : 41).

            Berdasarkan uraian diatas penulis menyimpulkan bahwa Solenoid merupakan komponen elektronika yang bekerja sebagai pengunci dan akan aktif ketika diberi tegangan sebesar 12 V.
2.7       Motor DC
            Motor DC merupakan jenis motor yang menggunakan tegangan searah sebagai sumber tegangannya. Dengan memberikan beda tegangan pada dua termilan tersebut, motor akan berputar pada suatu arah,dan bila polaritas dari tegangan tersebut dibalukmaka arah putaran motor akan terbalik pula. Poralitas dari tegangan tegangan yang diberikan pada dua terminalmenentukan arah putaran motor sedangkan besar dari bedategangan pada kedua terminal menentukan kecepatan motor. (Universitas Hasanudin 2011 : 66).

            Berdasarkan uraian diatas penulis menyimpulkan bahwa Motor DC merupakan perangkat elektromagnetik yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, dimana tenaga mekanik tersebut berupa putaran pada motor.
2.8       IC L293D
            IC L293D ini adalah suatu bentuk rangkaian daya tinggi terintegrasi yang mampu melayani 4 buah beban dengan arus dominal 600mA hingga maksimum 1,2A. Ic ini biasa dipakai sebagai driver relay, motor DC, motor steper, maupun pengganti transistor sebagai saklar. Driver tersebut berupa dua pasang rangkaian h-bridge yang masing-masing dikendalikan oleh pin masukan. (Universitas Hasanudin 2011 : 67).

            Berdasarkan uraian diatas penulis menyimpulkan bahwa IC L293D ini adalah suatu bentuk rangkaian daya tinggi yang biasa dipakai sebagai driver relay, motor DC, motor steper, maupun pengganti transistor sebagai saklar
2.9       LCD (Liquid cristal display)
LCD (Liquid cristal display) adalah salah satu komponen elektronika yang berfungsi sebagai tampilan suatu data, baik karakter, huruf ataupun grafik. Jenis LCD yang dipakai pada alat ini adalah LCD M1632. LCD terdiri dari dua bagian, yang  pertama  merupakan panel LCD sebagai media penampil informasi dalam bentuk huruf/angka dua baris, masing–masing baris bias menampung 16 huruf/angka. LCD (Liquid Crystal Display) adalah modul penampil yang banyak digunakan karena tampilannya menarik. LCD yang umum, ada yang panjangnya hingga 40 karakter (2x40 dan 4x40), dimana kita  menggunakan DDRAM untuk mengatur tempat penyimpanan tersebut. (Slamet & Bambang, 2013 : 8).

            Berdasarkan uraian diatas penulis menyimpulkan bahwa LCD (Liquid Crystal Display) adalah salah satu komponen elektronika yang berfungsi sebagai tampilan suatu data, baik karakter, huruf ataupun grafik.
Sehubungan dengan banyaknya materi, maka Untuk Tutorial lengkap dan Aplikasinya silahkan download pada tombol dibawah :



Blog, Updated at: May 06, 2019

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih

Labels

Labels

!doctype (1) .net (1) 2008 (1) 2012 (1) 2013 (3) 3d (2) 3ds max (2) abstrak (1) access (3) adobe (1) apache (1) array (2) asp (7) asp.net (3) autodesk (1) biodata (2) biodata asp (2) biodata php (1) blender (1) c# (1) c3 (1) case (1) client (1) cmd (1) coding (24) combobox (1) cs6 (1) database (3) databse (1) dhcp (1) dreamweaver (2) echo (1) Encapsilation (1) Enkapsulasi (1) field (1) footer (1) form (5) form asp (1) gabung (1) gitar (1) gns3 (1) guitar (1) header (1) html (2) include (1) inheritance (1) input (1) install (1) ip (2) jaringan (4) java (1) komponen komponen validator (1) label (1) lan (1) localhost (2) manage sites (1) management (1) membuat (2) membuat biodata array php (1) membuat biodata satu variable (1) menghubukan php dengan database (1) microsoft (2) mikrotik (3) mikrotik tanpa router (1) mikrotik virtual box (2) ms access (3) multimedia (4) music (1) musik (1) mysql (2) netbeans (1) netbeans 7.3.1 (1) new site (1) office (2) oracle (1) osi layer (1) panelcontrol (1) petik (1) pewarisan java (1) php (14) php designer (1) php4 (1) polymorphic (1) polymorphism (1) Poymorphisme (1) primary key (1) radiobutton (1) range (1) require (1) required (1) routeros (2) script (1) server (2) shredder (1) sql server (1) summary (1) swift (1) table (1) tanda petik (1) textbox (1) toolbar (1) validasi (1) validation (1) validator (1) variable (2) vb (1) visual studio 2012 ultimate (4) volume asp (1) web (1) web server (2) win 7 (1) win xp (1) windowd form (1) windows (1) XAMPP (2) xp (1)