Pengenalan BLENDER 3D

Posted by


BLENDER 3D



Layar Utama Blender 2.5
Tutorial Blender 2.5x BASIC
Disini saya akan mencoba membagikan tutorial bagi yang baru mengenal program Blender3D. Tutorial dibuat dengan Blender versi 2.5x Beta.
Navigasi
Untuk melihat dari berbagai sudut pandang (perspektif), salah satu caranya adalah dengan numpad.

Berikut daftarnya:
Perbandingan tampilan dari berbagai perspektif tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah :

NumPad 5 berguna untuk mengubah tampilan dari orthographic ke perspective dan sebaliknya. Perbedaan keduanya dapat dilihat pada gambar berikut (yang kiri adalah perspective, kanan adalah orthographic) :

Perspective memiliki efek kedalaman seperti pada lensa kamera, sedangkan ortho tidak. Penggunaannya bebas tergantung kebutuhan dan kenyamanan.
Tombol - tombol lainnya
x = Menghapus objek yang dipilih (sama dengan "Delete")
Navigasi menggunakan mouse :
Berikut adalah navigasi menggunakan mouse dengan settingan default dari Blender.
• Klik kiri (mouse1)
Untuk memindahkan posisi kursor pada 3D (bukan kursor mouse)
• Klik kanan (mouse2)
Untuk memilih objek.
• Drag and Drop pada scroll mouse
Untuk melihat secara 3 dimensi.
• Scroll mouse
Untuk zoom in dan zoom out.
• Shift + mouse3
Panning
• Ctrl + mouse3 lalu gerakan mouse
Zoom in dan zoom out.
Untuk memilih objek lebih dari satu, tekan dan tahan tombol shift lalu pilih objek yang pertama, lalu kedua, dan seterusnya..
Untuk memilih banyak objek sekaligus, tekan “b”, setelah itu blok objek yang akan dipilih menggunakan mouse.
Untuk memilih semua objek yang ada, tekan “a”.
Transform
Transformasi dibagi menjadi 3 yaitu:
1. Mengubah posisi objek (Translate).
2. Memutar objek (Rotate).
3. Mengubah ukuran objek (Scale).
Untuk memunculkan "Transform Properties", tekan "n"

Keterangan gambar :
1 = Tombol untuk on/off Transform Widget.
2 = Tombol untuk mengaktifkan Translate widget.
3 = Tombol untuk mengaktifkan Rotate widget.
4 = Tombol untuk mengaktifkan Scale widget.
Lebih lanjut mengenai widget akan dijelaskan kemudian.
Untuk melakukan transformasi ada beberapa cara yang bisa dipakai tergantung kenyamanan dan kebutuhan.
Cara 1 : Dengan shortcut pada keyboard dan gerakan mouse
Translate
Pilih objek yang akan dipindah lokasinya, kemudian tekan “g”, gerakkan mouse dan posisikan objek ke tempat yang diinginkan, kemudian tempatkan objek dengan menklik kiri pada mouse.
Rotate
Pilih objek yang akan diputar, kemudian tekan “r”, gerakkan mouse untuk memutarnya, kemudian klik kiri pada mouse.
Scale
Pilih objek yang akan diubah ukurannya, kemudian tekan “s”, gerakkan mouse untuk mengubah ukurannya, kemudian klik kiri pada mouse.
Transform pada salah satu sumbu saja
Contoh: Setelah objek dipilih, tekan “g”->“x” untuk menggeser objek hanya pada sumbu X.
Tekan “g” -> “y” untuk sumbu Y, dan “z” untuk sumbu Z.
Cara ini berlaku juga untuk Rotate dan Scale, misalnya dengan menekan “s” -> “y”.
Mengunci salah satu sumbu :
Fitur ini gunanya jika kita ingin melakukan transform hanya pada kedua sumbu saja (misal X dan Y saja, tapi tidak untuk Z).
Shortcutnya : “s” -> “shift+(sumbu yg ingin dikunci)”
Contoh: tekan “s” -> “shift+z” = untuk mengubah ukuran hanya ke arah sumbu X dan Y saja.
Cara 2: Dengan menggunakan Widget
Disini saya akan menjelaskan mengenai penggunaan widget.
Translate Widget

Klik tahan dan geser (Drag and Drop) pada salah satu panah untuk menggeser objek ke arah yang ditunjuk panah tersebut.
Rotate Widget

Aktifkan Rotate Widget dengan mengklik tombol no 2 pada gambar diatas. Setelah widget nampak seperti gambar disamping, klik tahan dan geser (Drag and Drop) pada kurva yang berwarna untuk memutar objek.
Scale Widget

Aktifkan Scale Widget. Setelah widget nampak seperti gambar diatas, klik tahan dan geser (Drag and Drop) di kotak kecil pada widget untuk mengubah ukuran objek.
Cara 3: Dengan memasukkan sebuah nilai untuk transform.
Pilih objek yang akan dipindah lokasinya.
Tekan “g” kemudian tentukan ke sumbu mana objek akan digeser, lalu masukkan sebuah nilai yang menyatakan seberapa jauh objek akan digeser.
Contoh:
Tekan “g” -> “y” (menggeser pada sumbu Y)-> ketik angka 3 -> tekan enter.
Langkah tersebut akan menggeser objek sebanyak 3 blender unit kearah sumbu Y positif.
Cara tersebut juga berlaku untuk Rotate dan Scale.
Keterangan untuk Rotate :
Untuk Rotate, nilai yang dimasukkan berarti derajat perputaran. Nilai 180 berarti memutar objek sejauh 180 derajat.
Keterangan untuk Scale :
Untuk Scale, nilai yang dimasukkan berarti pengali ukuran. Nilai 2 berarti objek diperbesar sebesar 2 kali lipat. Nilai 0.5 berarti diperkecil menjadi setengahnya.
Pivot Point
Peranan dari pivot point ini adalah seperti engsel pada pintu. Jika pintu adalah objeknya, maka engsel pintu adalah pivot point-nya.

Berikut penjelasannya satu persatu.
Pertama2, pastikan anda berada pada mode: Object Mode, kemudian tekan NumPad 7 untuk memandang dari arah atas. Pastikan juga bahwa 3D Cursor nampak di layar, karena objek baru akan ditempatkan di posisi dimana 3D Cursor berada.

Tekan "Shift + a" untuk memunculkan menu add object. Setelah itu, pilih mesh -> monkey. Kita akam menambah satu monyet disini .. :p

Tempatkan mesh monkey tersebut di sisi cube. Pastikan pivot point berada pada Median Point. Tampak seperti gambar berikut :

Tekan “r” kemudian gerakan mouse. Kedua objek akan berputar dengan “engsel” di tengah (diantara ke-2 nya)
Ganti pivot point menjadi individual origin, kemudian putar objek, akan terlihat bahwa objek akan berputar pada porosnya masing-masing.
Pivot "3D Cursor"
Membuat poros perputaran ada pada 3D Cursor.
Pivot "Bounding Box Center"
Poros perputaran akan berada pada kotak kontainer imajiner yang melingkupi seluruh objek yang dipilih. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di gambar :

Kotak hijau adalah kotak imajiner, dan dapat terlihat bahwa widget berada di tengahnya.
Pivot point “Active Element”
Poros perputaran akan berada pada objek yang aktif. Objek aktif akan ditandai dengan warna border yang berbeda, yaitu orange muda. Jika anda memilih dua objek dengan menekan shift + mouse1, maka objek aktif adalah objek yang terakhir dipilih.
Dalam mengubah ukuran objek (Scaling) pivot point juga berpengaruh. Pivot point akan berlaku sebagai patokannya. Silahkan dicoba !
Ringkasan Shortcut
Berikut adalah ringkasan shortcut yang telah dibahas sampai saat ini :
b = Mengaktifkan tool untuk memilih beberapa objek sekaligus.
a = Memilih semua objek yang ada.
n = Memunculkan Transform Properties
g = Memindah posisi objek (translate)
r = Memutar objek (rotate)
s = Mengubah ukuran objek (scale)
x = Menghapus objek yang dipilih (sama dengan "Delete")
shift + a = Membuka menu untuk menambah objek (menu Add)
TAB Memindahkan antara edit mode dan mode object select.
"O" (bukan nol) akan meletakan dalam vertex editing yang proporsional saat dalam edit mode.
"A" Saat dalam edit mode, bagus untuk memilih semua vertek.
"B" Akan memunculkan sebuah kotak (window drag) untuk memilih banyak objek. dalam edit mode sama dengan "A". tetapi dengan memencet dua kali akan memunculkan circle select yang dapat berubah dengan memutar roda mouse. Space Bar Akan memunculkn Tools Menu dimana bisa menambah objek baru
Number pad Mengontrol tampilan. "7" untuk Top, "3" side, "1" front, "0" camera, "5" perspective, "." zoom pada objek yang dipilih, "+ dan -" Zoom in out.
Mouse- Kiri untuk mengedit, kanan untuk memilih objek, tengah (roda mouse) untuk zoom dan rotasi tampilan. Roda+shift dapat memutar screen.
Shift- tekan Shift untuk memilih banyak objek dengan klik kanan mouse.
"R"- Rotasi objek
"S" - Merubah skala
"G" - Menggerakan Objek
Shift+D - Menduplikasi objek tau vertek
"E" - Extrude
"U" - Dalam obejk mode, akan memunculkan Single-User Menu utnuk Unlink materials, animation(IPOs) dll.
"M" - Menggerakan objek ke layer yang lain.
"Z" - Merubah tampilan dari wireframe ke solid
"Alt+Z" merubah tampilan texture
Jenis Window Dalam Blender 3D
Blender memiliki beberapa macam tipe window dan setiap window bisa diatur tipenya.
Beberapa tipe window:
- File/Image Browser- Untuk membuka file atau gamabr yang ada di komputer
- User Preferences- Meanmpilkan menu dan opsi
- Action Editor- Untuk membuat animasi
- 3D View- Untuk melihat yang sedang dibuat


Blog, Updated at: January 12, 2014

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih

Labels

Labels

!doctype (1) .net (1) 2008 (1) 2012 (1) 2013 (3) 3d (2) 3ds max (2) abstrak (1) access (3) adobe (1) apache (1) array (2) asp (7) asp.net (3) autodesk (1) biodata (2) biodata asp (2) biodata php (1) blender (1) c# (1) c3 (1) case (1) client (1) cmd (1) coding (24) combobox (1) cs6 (1) database (3) databse (1) dhcp (1) dreamweaver (2) echo (1) Encapsilation (1) Enkapsulasi (1) field (1) footer (1) form (5) form asp (1) gabung (1) gitar (1) gns3 (1) guitar (1) header (1) html (2) include (1) inheritance (1) input (1) install (1) ip (2) jaringan (4) java (1) komponen komponen validator (1) label (1) lan (1) localhost (2) manage sites (1) management (1) membuat (2) membuat biodata array php (1) membuat biodata satu variable (1) menghubukan php dengan database (1) microsoft (2) mikrotik (3) mikrotik tanpa router (1) mikrotik virtual box (2) ms access (3) multimedia (4) music (1) musik (1) mysql (2) netbeans (1) netbeans 7.3.1 (1) new site (1) office (2) oracle (1) osi layer (1) panelcontrol (1) petik (1) pewarisan java (1) php (14) php designer (1) php4 (1) polymorphic (1) polymorphism (1) Poymorphisme (1) primary key (1) radiobutton (1) range (1) require (1) required (1) routeros (2) script (1) server (2) shredder (1) sql server (1) summary (1) swift (1) table (1) tanda petik (1) textbox (1) toolbar (1) validasi (1) validation (1) validator (1) variable (2) vb (1) visual studio 2012 ultimate (4) volume asp (1) web (1) web server (2) win 7 (1) win xp (1) windowd form (1) windows (1) XAMPP (2) xp (1)